Pemburu harta karun merugikan Indonesia

entah apa yg ada di pikiran mereka para pejabat.. apakah krn sudah kebanyakan dosa? bingung cara bertindak? ataukah udah di sogok?

mereka kayak diam aja melihat M. Hatcher (AUS) mencuri kekayaan negeri kita sendiri?!?
jumlahnya gk tanggung-tanggung lho.. bahkan dia sekarang sedang mencari harta berikutnya yg notabene sangat besar!!

mendadak jadi inget Tomb Raider.. bedanya ini cowok..
namun sayangnya bila Tomb Raider mengumpulkan untuk mempelajari (walau ada sebagian buat koleksi)… Michael tampaknya buat kekayaan pribadi..

tembak mati ditempat?!! kurasa adalah jawaban untuk dia.
Jakarta – Pemburu harta karun asal Australia Michael Hatcher telah merugikan Indonesia triliunan rupiah. Namun belum ada pencekalan bagi Hatcher untuk memasuki Indonesia.

“Belum ada pencekalan,” ujar koordinator masyarakat advokasi warisan budaya Indonesia, Jhohannes Marbun, kepada detikcom, Rabu (28/4/2010) malam.

Joe, panggilan akrabnya, menyayangkan hal ini. Menurutnya seharusnya pemerintah lebih serius menjaga kekayaan situs bawah laut. Karena selain bernilai ekonomi, situs arkeologi di dasar laut ini memiliki nilai historis yang luar biasa.

“Ini cagar budaya. Seharusnya ada komisi khusus yang menjaga situs-situs ini, karena kementrian budaya dan pariwisata sudah tidak mampu lagi,” tambahnya.

Joe sudah mengikuti sepak terjang Hatcher sejak lama. Tercatat sedikitnya dua kali, Hatcher menggondol kekayaan negara triliunan rupiah dari petualangannya di Indonesia.

Pria kelahiran York ini mengangkat kapal Geldermasen milik VOC di Karang Heliputan, Tanjung Pinang, tahun 1985-1986. Hatcher mendapatkan 126 emas batangan dan 160 ribu benda keramik dinasti Ming dan Ching. Nilainya tidak kurang dari US$ 15 juta saat itu.

Lalu Hetcher mengangkat kapal Tek Sing di Perairan Kepulauan Bangka, Sumatera Selatan tahun 1999 lalu. Nilainya Rp 500 miliar. Jo menambahkan jika Hatcher berhasil mengangkat harta karun dari Subang, maka ini akan menjadi rekor selama karirnya. Diperkirakan porselen dinasti Ming yang tenggelam di sana tidak kurang dari US$ 200 juta.
(rdf/mok)
sumber:
detiknews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: