Denda 500rb utk memakai lampu Rem Menyilaukan

Akhirya komplain para biker didengar oleh polis. Ulah para biker dan mobil yang sengaja memasang aksesoris pada lampu rem yg menyilaukan.. akan di tindak tegas

sampai saat ini kita mendengar bahwa helm SNI akan di tilang? tetapi kayaknya realisasi di Jakarta agak tersendat?!?

sebenarnya apakah hal sama akan terjadi? kita liat aja.

Jakarta – Akhirnya aksesoris yang menyebalkan itu bakal ditilang juga. Polisi akan menilang para bikers dan pengendara mobil yang mengganti warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih atau transparan.

Seperti dikutip situs resmi Ditlantas Polda Metro Jaya, selain membuat silau dan membahayakan pengendara di belakangnya, polisi akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal Rp 500.000.

Dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan jika kendaraan bermotor dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan antara lain bumper tanduk dan lampu menyilaukan. Hal itu melanggar pasal 279 Jo 58 dengan denda maksimal Rp 500 ribu.

Menurut Pa Siaga TMC AKP Mujiana, TMC sering menerima keluhan dari masyarakat perihal pelanggaran tentang lampu motor menyilaukan pengendara di belakangnya.

Perlu diketahui, pabrikan telah mengatur peruntukan lampu sesuai fungsinya, yang mana lampu depan kendaraan terbuat dari mika berwarna bening sehingga memiliki pancaran cahaya yang memecah dan memudar sebagai fungsi pengelihatan jalan ke depan, sedangkan lampu belakang memang didesain kaca mika berwarna merah dan pancarannya redup sebagai fungsi pertanda kondisi kendaraan melakukan pengereman.

sumber:
Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: