Fungsi Web Sites

Mungkin selama ini kita memahami web sites atau situs sebagai tempat mencari informasi atau tempat untuk menyediakan informasi. Akan tetapi, di balik itu semua web sites kita sadari atau tidak juga memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Sebagai image perusahaan

Dulu ketika saya masih suka melamar pekerjaan, setiap kali mendapat panggilan, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari perusahaan tersebut di Google dan melihat apakah perusahaan tersebut memiliki situs atau tidak. Jika perusahaan tersebut memiliki situs, maka saya yakin perusahaan tersebut layak untuk dipenuhi panggilannya. Dari situs tersebut saya akan mengetahui apakah perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang dapat menjamin perkembangan karir saya atau tidak, dan yang paling penting adalah apakah perusahaan tersebut dapat membayar saya dengan layak atau tidak. Tanpa bermaksud menyombongkan diri, saya rasa para pelamar yang cukup cerdas akan melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, jika Anda ingin orang-orang cerdas melamar di perusahaan Anda, setidaknya milikilah situs.

Hal yang sama juga berlaku untuk para calon customer dan investor. Mereka akan mencari tahu terlebih dahulu apakah mereka membeli dari perusahaan yang tepat atau berinvestasi pada orang/perusahaan yang tepat. Web sites selain berfungsi untuk menarik para pelamar kerja, juga berfungsi untuk meyakinkan para customer dan investor bahwa Anda dan perusahaan Anda “is the one”.

2. Sebagai penyedia informasi

Terkadang calon pembeli, sebelum membeli melakukan penelitian yang mendetil akan suatu produk. Sebagai penjual, kita dapat membantunya melakukan pertimbangan sekaligus mengarahkan mereka ke produk kita dengan menggunakan situs yang berisi informasi detil mengenai produk kita.

3. Sebagai “Penjual”

Saat ini orang senang yang serba instan. Untuk apa jauh-jauh ke pasar, kalau kita bisa membeli dengan cara menyalakan internet, memesan, dan mendapatkan barang yang kita inginkan. Itulah sebabnya sekarang terdapat banyak bisnis online. Situs dapat membantu Anda menjual barang/jasa Anda dan Anda dapat melakukannya dari rumah, tanpa perlu ke pasar atau ke kantor untuk menjual.

4. Sebagai bagian dari fasilitas layanan

Pelayanan adalah penting dalam bisnis. Banyak perusahaan/penjual yang berusaha memudahkan para pelanggan dalam membeli produk mereka dan itu menggambarkan mutu pelayanan mereka. Dengan situs, kita juga dapat memudahkan para customer untuk menjangkau produk kita. Semuanya menjadi semudah meng-klik saja.

5. Sebagai tempat melakukan transaksi.

Poin nomor lima ini ada kaitannya dengan poin nomor empat dan poin nomor tiga. Transaksi kini dapat dilakukan dengan menggunakan situs. Hal ini selain memudahkan customer, juga memudahkan bagi kita. Hanya semudah meng-klik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: